AKU CINTA ISLAM
AKU CINTA ISLAM

Sebuah Kebenaran dan bagaimana cara kita menyikapi hidup yang sebenarnya.


You are not connected. Please login or register

Apakah Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

windyamartilova


Mengapa Allah menciptakan setan untuk menggoda manusia masuk neraka? Bukannya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang? (KATANYAAAAA....)

2 Mengapa Allah Menciptakan Setan ? on Fri Apr 22, 2011 4:47 pm

PoppyMercelina


Assalamua'alaikum Smile

Mengapa Allah Menciptakan Setan ?

pertama : peran setan dalam menyimpangkan dan menyesatkan manusia hanya berada pada tataran mengajak dan menyeru.
kedua : proses untuk meraih kesempurnaan senantiasa berlangsung di tengah pelbagai pertentangan dan paradoks. Atas dasar ini, penciptaan entitas dan makhluk sedemikian dalam sistem penciptaan tidak dapat disebut sebagai sebuah perbuatan sia-sia atau tanpa alasan. Melainkan hal itu merupakan manifestasi kemahapengasihan dan kebaikan mutlak Ilahi.

Penjelasan Lanjut :
pertama : Tuhan tidak menciptakan setan sebagai setan. Dengan dalil bahwa selama beribu tahun (enam ribu tahun) setan merupakan ahli ibadah dan sekedudukan dengan para malaikat. Akan tetapi setelah itu, sesuai dengan kehendaknya sendiri dan atas pengaruh kecongkakan, ia memilih untuk membangkang, menyimpang dan menjauh dari rahmat Tuhan.
kedua: keberadaan setan, tidaklah merugikan bagi orang beriman dan bagi yang ingin melintasi rel kebenaran. Bahkan keberadaannya merupakan media untuk melaju dan menyempurna; lantaran kemajuan, ketinggian dan kesempurnaan senantiasa berlangsung di tengah pelbagai pertentangan dan paradoks.
Peran setan di alam semesta hanya sekedar penyeru dan pengajak saja; artinya setan hanya mengajak manusia untuk menyimpang dan tersesat. Allah Swt tidak memberikan kekuasaan kepadanya untuk menaklukkan jiwa-jiwa dan dominasi atasnya.

“Sesungguhnya kekuasaan setan hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukanya dengan Allah” (Qs. Al-Nahl [16]:99)

Atas alasan ini di hari kiamat sebagian orang yang disesatkan berjumpa dengan setan, kemudian setan berdalih kepada mereka, "Dan setan berkata tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan, “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu, tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekadar) aku menyerumu, lalu kamu mematuhi seruanku. Oleh sebab itu janganlah kamu mencercaku, akan tetapi cercalah dirimu sendiri” (Qs. Ibrahim [14]:22)

Ajaran-ajaran Quran menegaskan bahwa peran setan dalam menyimpangkan dan menyesatkan manusia hanya berada pada tataran menyeru dan mengajak. Ia sekali-kali tidak memaksa manusia untuk memilih jalan kesesatan; lantaran manusia merupakan obyek dari dua seruan. Pertama,obyek seruan Tuhan dan kedua obyek seruan setan. Manusialah yang memilih salah satu dari dua seruan ini. Akan tetapi tatkala manusia, dengan selera dan kehendaknya sendiri, memenuhi seruan dan ajakan setan dan menjadikannya sebagai teladan dan mematuhi perintah-perintahnya, maka setan kemudian mendominasinya lalu menggiringnya kepada kebinasaan. “Sesungguhnya kekuasaan setan hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin” (Qs. Al-Nahl [16]:100)

repost from http://www.indonesia.islamquest.net




menurut saya... dengan adanya setan dan iblis , maka manusia berjuang menghadapi musuh Allah dan musuh manusia itu , dan dengan demikian ia dapat meraih kedudukan yang lebih tinggi di sisi Allah . dengan adanya iblis dan setan , manusia memanjatkan permohonan perlindungan kepada Allah , sehingga sekian keburukan dapat ditampik dan banyak kemaslahatan dapat dipetik . dengan adanya iblis dan setan serta sanksi yang diperolehnya , bertambah rasa takut dan pengabdian malaikat dan orang - orang beriman kepada Allah . mereka takut jangan sampai mendapat murka , sebagaimana iblis . dan ini pada gilirannya menambah pula pengabdian mereka . disamping itu , peristiwa yang dialami iblis itu dapat menjadi pelajaran berharga bagi setiap hamba Allah . kehadiran iblis dan setan merupakan salah satu kodrat Ilahi dan bahan ujian bagi manusia .

Allah adalah Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang walaupun Dia menciptakan makhluk yang bisa menggoyahkan iman manusia . karena semua yang diciptakan Allah pasti ada maksud dan tujuannya Smile

wassalamu'alaikum Smile

Hipotesa


Administrator Website
Administrator Website
Wa'alaikum salam warrahmatullah..

Waawawawawa,,, Subhanallah.. Hebat banget jawaban Poppy!!
Smile

Itu udah lumayan dijelaskan diatas.. sedikit tambahan:
700ribu tahun setan bersujud, dan tidak ada tempat tersisa dilangit maupun dibumi tempat setan itu sujud, setan telah melakukan sujud ke semua tempat itu dan tidak tersisa tempatnya..
Lalu setan dengan membangkan seperti itu akan kekal dineraka, apakah Allah maha pengasih?

Jawabannya: Setan itu masih bisa bertaubat jika mereka mau, tetapi kebanyakan mereka tidak mau bertaubat (dengan syaratnya sujud dimakam nabi Adam AS.) dikarenakan sifat sombong mereka, sedangkan ke-SOMBONG-an itu adalah pakaian ALLAH SWT.

sebagian setan-setan yang bertaubat, itulah yang sering kita sebut dengan JIN ISLAM..
karena setan itu adalah sesuatu sifat, bukanlah wujud, wujud yang ada ialah JIN (dari api), IBLIS adalah bapak moyang JIN (Ibarat Adam sebagai bapak moyang manusia), IBLIS adalah nama seorang JIN.
sedangkan setan adalah jin jahat (penggoda manusia berbuat dosa), juga golongan manusia yang jahat bisa kita kategorikan sebagai setan pula.

Contoh :
"Dugem yuk?"
"Mabok yuk?"
dan lain-lain..

semoga bermanfaat.. Makasih penjelasannya ya saudariku Poppy.. Smile

Wassalamualaikum warrahmatullah..

http://akucintaislam.indonesianforum.net

Sponsored content


Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik